• Inovasi Robot Pemadam Kebakaran TAF20

    INOVASI ROBOT PEMADAM KEBAKARAN TAF20

    Bayangkan jika anda dapat membantu memadamkan kebakaran dengan kendali jarak jauh dengan menggunakan sebuah remote. Perkenalkan kendaran kebakaran (Robot Pemadam Kebakaran TAF20) yang pastinya cangih dan inovatif. Di Australia yang memiliki suhu yang tinggi pada musim panas membuat banyak munculnya titik api dan menyebabkan timbulnya kebakaran yang susah dipadamkan jika titik api sangatlah banyak.

     Inovasi terbaru yang ikut membantu memadamkan api, yaitu TAF20 (Turbin Aided Firefighting). TAF20 dapat dikendalikan oleh petugas pemadam kebakaran dalam jarak yang cukup jauh, yaitu 500 meter. TAF20 juga dapat menyemburkan air sejauh 90 meter dan juga dapat menyemburkan kabut air sejauh 60 meter. Adapun kipas yang digunakan memiliki tenaga yang tinggi sehingga mampu difungsikan untuk menghalau asap kebakaran dan membantu meningkatkan semburan media air dan foam. Adapun alat pendorong seperti bulldozer pada badan TAF20 yang dapat berfungsi untuk membantu menyingkirkan atau mendorong halangan yang berada di depan jalannya seperti mobil, batuan, ranting, atau bongkahan kayu.

    Robot TAF20 memang sangat menarik untuk di diskusikan untuk dapat digunakan di Indonesia tepatnya. Desain yang menarik dengan warna dasar merah, hitam dan putih membuat robot ini menjadi lebih terlihat gagah. TAF20 juga memiliki roda tank yang mampu melewati berbagai medan. Dengan pompa hidrolik kipas pada robot TAF20 mampu ditinggikan dan diarahkan ke atas dan kebawah. TAF20 yang memiliki ukuran yang kecil, simpel dan praktis ini memiliki banyak manfaat jika pihak pemerintah melihat hasil demo pemakaian TAF20 ini.




    Robot ini pun dapat ditempatkan diberbagai keadaan berbahaya seperti kebakaran pada sebuah rumah bertingkat yang berada di dalam jalan yang sempit, atau kebakaran hutan dengan cakupan area yang susah. Namun untuk membeli sebuah robot TAF20 diperlukan biaya yang cukup besar, yaitu sekitar Rp 4,3 miliar dan diimpor langsung dari Jerman. Dilansir dari emicontrols.com dapat dijabarkan berbagai bentuk spesifikasi robot pemadam kebakaran TAF20 seperti dibawah ini.



    PERTANYAAN
    1.Jelaskan siapa saja yang ikut andil dalam pembuatan?
    2.Jelaskan tujuan dan manfaatnya!
    3.Apa saja fitur-fitur didalamnya?

     JAWABAN

    1.Yang ikut andil dalam pembuatan robot TAF20 adalah , dan diluncurkan oleh Menteri Layanan Darurat dan Kebakaran David Elliot dan Komisaris Penyelamatan Gerg Mullins di New South Wales Australia.

    2.Tujuan dibuatnya TAF20 adalah untuk membantu pemadaman api dengan lebih cepat dan efisien. Manfaat dari robot TAF20 adalah dapat dikendalikan oleh operator robot dari jarak yang cukup jauh yaitu 500meter. Jadi dengan menggunakan TAF20 dapat mengurangi beban kerja para pemadam kebakaran.

    3.Fitur-fitur yang ada didalamnya meliputi :

        Dapat menyemburkan air sejauh 90 meter dan juga dapat menyemburkan kabut air sejauh 60 meter,Kipas yang digunakan memiliki tenaga yang tinggi sehingga mampu difungsikan untuk menghalau asap kebakaran dan membantu meningkatkan semburan media air dan foam, Alat pendorong seperti bulldozer pada badan TAF20 yang dapat berfungsi untuk membantu menyingkirkan atau mendorong halangan yang berada di depan jalannya seperti mobil, batuan, ranting, atau bongkahan kayu,Memiliki roda tank yang mampu melewati berbagai medan,Pompa hidrolik kipas pada robot TAF20 yang mampu ditinggikan dan diarahkan ke atas dan kebawah.




    Artikel by: Kus Haryanti Ayuningtyas

  • 0 komentar:

    Posting Komentar