INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER
Analisa alat Gatebox
Nama Kelompok :
1. MUHAMMAD SAMSUL HUDA (5.15.04.11.0.091)
2. RAKA RAYNALDI W. (5.15.04.11.0.099)
3. WINDA SARI (5.15.04.11.0.115
)
PROGRAM
STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS
TEKNIK
UNIVERSITAS
ISLAM MAJAPAHIT
MOJOKERTO
TAHUN
AKADEMIK 2017
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kehadiran ALLAH SWT ,Yang telah melimpahkan karunianya
sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik.
Makalah
ini kami buat untuk memenuhi tugas Interaksi
Manusia dan Komputer yang tujuannya untuk mengetahui
sejauh mana tingkat pemahaman kami mengenai pembelajaran tentang materi yang
ada di mata pelajaran Interaksi
Manusia dan Komputer, yang khususnya dalam menganalisa teknologi yang sudah ada.
Dalam
penulisan makalah ini, tentunya masih terdapat kesalahan-kesalahan baik dari
segi bahasa, penulisan ataupun pengertian. Hal ini karena kami masih membutukan
saran dan kritikan dari pembaca yang dapat membantu kami untuk menyempurnakan
makalah ini. Dan kami berharap dengan adanya makalah ini dapat membawa manfaat
bagi kami dan bagi pembaca sekalian.
Atas perhatianya
kami mengucapkan terima kasih.
Mojokerto,
30Mei 2017
TIM
PENYUSUN
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR................................................................................................................... i
DAFTAR ISI................................................................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN.............................................................................................................
1.
Latar belakang.............................................................................................................................. 01
2.
Rumusan masalah......................................................................................................................... 01
3.
Tujuan
dari pembuatan Gatebox Virtual Home Robot................................................................. 01
BAB II DASAR TEORI................................................................................................................ ..
1.
Sejarah
dari Gatebox Virtual Home Robot................................................................................... 03
2.
Pengertian Gatebox Virtual
Home Robot..................................................................................... 07
BAB III ANALISIS.......................................................................................................................
1.
Komponen
– komponen dari Gatebox Virtual Home Robot......................................................... 08
2.
Identitas Waifu................................................................................................................... 09
BAB IV PENUTUP........................................................................................................................
1.
Kelebihan
dan Kekurangan............................................................................................................ 10
2.
Manfaat
dari Gatebox Virtual Home Robot................................................................................... 10
3.
Kesimpulan..................................................................................................................................... 10
4.
Saran............................................................................................................................................... 11
BAB V DAFTAR PUSTAKA......................................................................................................... 12
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Siri (iOS), Alexa (Amazon Echo) dan Cortana (Windows) dan
Simsimi mungkin akan menjadi hal yang nggak bakal asing bagi manusia modern
saat ini. Yup, ‘mereka’ merupakan virtual
assistant berbentuk speaker cerdas yang dilengkapi teknologi Artificial intelligence (AI)
atau kecerdasan buatan. Dan kalian juga pasti sudah tau atau faham mengenai ‘Internet of Things’, Yaitu
teknologi yang memungkinkan kalian menghubungkan berbagai alat elektronik
sehari-hari dengan internet. Nah seiring dengan
berkembangnya teknologi saat ini banyak sekali vendor-vendor seperti Google,
Apple, dan Microsoft yang berlomba-lomba personal assistant dan home assistant
professional yang berhubungan dengan
‘Internet of Things’ dan menggabungkannya dengan “AI (Artificial intelligence)”.
Seperti
yang kita ketahui bahwa Jepang merupakan negara yang
haus akan pengembangan teknologi dan inovasi. Nah dengan memanfaatkan kedua
aspek teknologi tersebut dengan dikombinasikan dengan sebuah hologram salah
satu perusahaan di Jepang yang bernama Vinclu Inc. membuat sebuah inovasi alat yang berupa istri virtual
atau bisa juga disebut sebagai Virtual Home Robot.
1.2
Rumusan
Masalah
Penelitian
tentang alat Gatebox ini kami lakukan agar kami bisa menganalisa kelebihan,
kekurangan, kegunaan, fungsi, serta keuntungan dari dibuatnya alat ini serta
hubungan antara AI (Artificial
Intelligence) dan
Internet of Things yang ada pada Gatebox ini.
1.3
Tujuan
Tujuan Dari Pembuatan
Gatebox Virtual Home Robot
1. perpaduan antara teknologi
AI (Artificial Intelligence), Internet of Things dan home assistant professional di Gatebox di-setting agar bisa
menciptakan hubungan emosional dengan manusia.
2.
Melatih berbicara pada
sebagian orang yang memiliki kelemahan dalam hal kepercayaan diri
BAB
II
DASAR
TEORI
2.1
Sejarah
Dari Gatebox Virtual Home Robot.
Holografi
adalah teknik yang memungkinkan cahaya dari suatu benda yang tersebar direkam
dan kemudian direkonstruksi sehingga objek seolah-olah berada pada posisi yang
relatif sama dengan media rekaman yang direkam. Teknologi holografi ini pertama
kali diperkenalkan oleh Dennis Gabor pada tahun 1 947 yang kemudian membuatnya dianugerahi penghargaan Nobel Fisika pada
tahun 1971. Akan tetapi, dalam perkembangan selanjutnya teknik holografi ini.
mengalami pasang surut hingga kemudian pada tahun 1960, dengan adanya
perkembangan teknologi laser, perkembangan teknologi holografi terlihat semakin
nyata.
Teknologi
yang menjadi latar belakang terciptanya hologram ini lahir dari seorang
fisikawan Hungaria, Dennis Gabor. Gabor lahir pada tanggal 5 Juni
1900 di Budapest, Hungaria. Pada tahun 1924, ia lulus dan mendapatkan gelar
diploma dari Technische Hochschule Berlin. Namun kemudian pada tahun 1933,
setelah Hitler berkuasa, ia melarikan diri dari Nazi ke Inggris. Di tanah
Britania ini Gabor bekerja dalam pengembangan Departemen British
Thomson-Houston di Rugby, Warwickshire.
Dennis
Gabor, penemu konsep holografi.
|
Berdasarkan
teori hologram Gabor, hologram dapat dibuat melalui proses pembelahduaan
selajur sinar laser. Lajur pertama, disebut “acuan”, menyinari selembar lempeng
peka foto atau film, sedangkan lajur kedua menyinari objek untuk
diholografikan. Cahaya yang dicerminkan objek ini kemudian saling bertabrakan
di atas lempengan tadi, dan menciptakan pola gabungan yang kemudian
dikembangkan lagi untuk menampilkan gambar 3 dimensi. Pada saat itu, hologram
hanya membutuhkan satu ruangan tempat citra tertentu ditembakkan sehingga
seolah-olah menjadi bagian dari ruangan itu sendiri. Dengan demikian citra tadi
akan menimbulkan kesan nyata dan sangat fantastis. Namun hologram ciptaan Gabor
ini tidak tersedia secara komersial hingga pengenalan teknologi laser pada
tahun 1960.
Perkembangan
selanjutnya terjadi pada tahun 1979 oleh dua orang ilmuwan Soviet yang
berhasil mengadaptasi temuan Dennis Gabor dengan sinehologram. Guy Fihman dan
Claudine Eizykman mulai bekerja sama di bidang hologram ketika keduanya menjadi
guru besar sinema di Universitas Paris. Dengan alat yang dirancang khusus,
mereka membuat dua buah sinehologram berukuran 35 mm dan 70 mm yang
dipertunjukkan di College of France, Paris. Teknologi ini kemudian dikembangkan
hingga berukuran 126 mm yang kemudian merupakan langkah pertama untuk membuat
sinehologram yang dapat ditonton lebih dari dua orang dalam waktu yang
bersamaan. Berkat temuannya melalui hologram, Dennis Gabor diangkat menjadi
anggota Royal Society London pada tahun 1956 dan anggota kehormatan Akademi
Ilmiah Hongaria pada tahun 1964 serta dianugerahi Nobel Fisika pada tahun 1971.
(Kiri) Proses terbentuknya hologram dari seperangkat alat optik; (Kanan) Proses teramatinya hologram oleh pengamat. Sumber gambar: http://www.howstuffworks.com/ |
- · Karakteristik hologram
holografi
merupakan hasil rekonstruksi dari cahaya yang tersebar dari suatu objek
tertentu sehingga citra yang direkam akan muncul secara 3 dimensi (yang disebut
hologram). Teknologi perekaman citra 3 dimensi ini menggunakan sinar koheren
(seperti laser). Setelah pemrosesan, penampakan benda akan terlihat
berbeda-beda dari berbagai sudut. Pembuatan hologram tradisional menggunakan
proses kimia yang rumit. Akan tetapi, penampakan pada hologram modern dapat
dilihat dengan pencahayaan yang biasa dan dapat pula menunjukkan citra 3
dimensi benda besar yang bergerak dengan pewarnaan yang lengkap.
Hasil
pencitraan hologram yang fantastis memiliki beberapa karakteristik yang unik.
Beberapa di antaranya dijelaskan berikut ini.
- Cahaya
yang sampai ke mata pengamat yang berasal dari gambar hasil rekonstruksi
dari sebuah hologram adalah sama dengan objek aslinya. Seseorang saat
melihat gambar hologram dapat melihat kedalaman paralaks dan berbagai
perspektif berbeda seperti yang ada pada skema pemandangan yang
sebenarnya.
- Hologram
dari suatu objek yang tersebar dapat direkonstruksi dari bagian kecil
hologram. Jika sebuah hologram pecah berkeping-keping, setiap bagian dapat
digunakan untuk reproduksi keseluruhan gambar. Walau bagaimanapun,
penyusutan dari ukuran hologram dapat menyebabkan penurunan perspektif
dari gambar, resolusi, dan tingkat kecerahan dari gambar.
- Dari
sebuah hologram dapat direkonstruksi dua jenis gambar: gambar nyata (pseudocopic)
dan gambar maya (orthoscopic).
- Sebuah
hologram tabung dapat memberikan pandangan 360 derajat dari objek.
- Lebih
dari satu gambar independen yang dapat disimpan dalam satu pelat fotografi
yang sama yang dapat dilihat satu per satu dalam satu kesempatan.
·
Aplikasi teknologi holografi
Salah satu
aplikasi teknologi holografi adalah holographic black hole mobile phone
design yaitu ponsel layar sentuh dengan teknologi multi-touch di masa
depan. Dalam teknologi ini akan terlihat sentuhan nyata teknologi holografi
temuan Dennis Gabor. Teknologi layar holografis ini dirancang oleh Josselin
Zaïgouche untuk Apple Inc. dan akan mulai diperkenalkan pada tahun 2020. Selain
itu, Apple Inc. juga telah bekerja pada jenis baru dari tampilan layar yang
menghasilkan gambar 3 dimensi dan bahkan hologram tanpa membutuhkan kacamata
khusus.
Teknologi
masa depan ini diprediksi akan menhasilkan generasi baru dari televisi, monitor
LCD, dan layar bioskop yang akan memberikan pemirsa dengan pengalaman yang
lebih realistis. Sistem ini bergantung pada sebuah layar khusus yang dihiasi
dengan kubah pixel berukuran kecil yang membelokkan gambar yang diambil
dari sudut yang sedikit berbeda ke kanan dan mata kiri tampilan.
Dengan
menampilkan gambar yang diambil dari sudut yang berbeda, akan memberikan citra stereoscopic
bahwa otak menafsirkan gambar sebagai 3 dimensi. Teknologi lain yang sedang
dikembangkan Apple Inc. ialah penggunaan teknologi pencitraan 3 dimensi untuk
melacak gerakan berbagai pemirsa dan posisi mata mereka sehingga
arah gambar yang dibelokkan oleh layar dapat disesuaikan untuk memastikan
gambar tetap tajam dalam citra 3 dimensi.
Robot
hologram sudah ada di Jepang dalam jangka waktu yang terbilang cukup lama,
contohnya seperti Vocaloid Hatsune Miku yang sering konser di berbagai tempat
layaknya seperti manusia yang pernah mengadakan Tour ke Amerika, Jepang, bahkan
Indonesia. Tetapi robot-robot tersebut sudah diprogram untuk menghibur pencinta
atau penggemar Anime. Hingga akhirnya muncullah “GATEBOX”. Produsen gadget
asal Jepang, Vinclu, merilis Gatebox, smart speaker yang
dilengkapi artificial intelegent yang divisualisasikan
dengan hologram karaker anime bernama Azuma Hikari.
2.1
Pengertian Gatebox
Gatebox merupakan sebuah alat yang berupa istri virtual
atau bisa juga disebut sebagai Virtual Home Robot. Desain dari istri virtual
ini berbentuk 3D (Tiga Dimensi) yang terdapat dalam sebuah tabung. Robot ini
akan membantu kita menjaga rumah, menyalakan alat elektronik, layaknya home
assistant dari Google. Tabungnya sendiri dilengkapi berbagai sensor yang dapat
mendeteksi kondisi lingkungan, bahkan bisa tahu saat kita sampai di rumah. Kita
juga bisa memproyeksikan MMD Vocaloid di tabung ini melalui kabel HDMI.
Namun yang
membuatnya berbeda adalah karakter dari robot tersebut. Tidak seperti assisten
virtual yang sedikit kaku, Gatebox ini malah memberikan perhatian seperti
layaknya istri rumah tangga. Ya, ketika Google Assistant, Siri, dan Cortana
selalu menolak cinta kita, Gatebox ini malah memberikan rasa itu pada kita.
Menanti kita pada saat pulang, menanyakan kabar, memberimu perhatian, mendengarkan keluhanmu dan
memberimu semangat, serta dia akan mengirimimu pesan singkat saat kamu keluar
rumah dan juga dia bisa di ajak
mengobrol ringan bahkan tak lupa mengucapkan selamat tidur.
BAB III
ANALISIS
3.1.1
Komponen-Komponen
Gatebox
A.
Projection : merupakan sebuah fitur untuk memproyeksikan Hikari atau waifu atau gadis
virtual 3D pada tabung.
B.
Talk : merupakan sebuah fitur untuk saling berinteraksi antara sang pemilik dengan
Hikari atau waifu atau gadis virtual 3D yang terdapat di dalam tabung
C.
Sensing : merupakan
sebuah fitur sensor baik sensor kelembapan udara, sensor sentuhan, sensor jarak
serta sensor suara
D.
Network : merupakan sebuah fitur untuk mengkoneksikan alat-alat smart home yang ada
di rumah kita melalui jaringan internet supaya bisa terhubung dengan Hikari
agar Hikari dapat mengontrol smart home yang ada di rumah salayaknya seorang
istri.
3.1.1
Identitas Waifu
Karakter yang terlihat di
iklan mesin ini bernama Azumi Hikari. Dari segi penampilan dan suara tak
diragukan lagi kalau Hikari ini bisa dianggap moe. Moe
Sendiri Adalah Sebuah Kata Slang Dalam Bahasa Jepang Yang Berarti Minat Kuat
Terhadap Suatu Karakter.
Moe sendiri menurut pengertian kami adalah suatu kaakter yang membuat kita
respect terhadsap karakter tersebut, sehinggan kita dianggap jatuh cinta atau
kepikiran terus dengan karakter tersebut (ingat semua sifat dan tingkah
lakunya). Kami bisa mengatakan bahwa Hikari ini di anggap moe karena ketika Google Assistant, Siri, dan Cortana
selalu menolak cinta kita, Hikari akan memberikan rasa itu pada kita. Menanti kita
pada saat pulang, menanyakan kabar, memberimu perhatian, mendengarkan keluhanmu dan
memberimu semangat, serta dia akan mengirimimu pesan singkat saat kamu keluar
rumah dan juga dia bisa di ajak
mengobrol ringan bahkan tak lupa mengucapkan selamat tidur.
Dilengkapi dengan berbagai macam sensor,
Hikari dijanjikan bisa berinteraksi dengan
sangat intensif dengan pemiliknya. Kita
juga bisa memilih karakter yang berbeda-beda. Namun saat ini baru tersedia satu
saja, yaitu Azuma Hikari. Seperti yang telah di jelaskan di wesite resminya bahwasanya karakter
yang brnama Azuma hikari tersebut juga mempunyai kepribadian sendiri seperti
dia menyukai donat, memiliki hobi menonton anime, dan membenci serangga,
mengingat Hikari bisa terhubung ke ponsel atau TV via internet, kemungkinan dia
juga bisa mengomentari tontonan pemiliknya, kemungkinan yang menarik, namun
belum tersampaikan di video iklannya.
Gatebox
didesain unik seperti ini dengan tujuan untuk memberikan apa yang selama ini di
harapkan oleh seorang otaku. Otaku sendiri merupakan kata dari bahasa jepang
yang digunakan untuk menyebut seseorang yang betul-betul menekuni sebuah hobi.
Dan pada umumya orang-orang yang disebut otaku di Indonesia rata-rata menekuni
sebuah hobi yang sama, yakni hobi tentang anime, manga, dsb. yang berhaitan
dengan budaya jepang. Jadi bisa kami katakan bahwasanya sasaran pemasaran yang
paling utama dari alat ini adalah mereka para otaku yang menekuni sebuah hobi
tentang anime, manga dsb. karena pada hobi ini mereka yang benar-benar
menekuninya, bahkan sampai melakukan hikikomori, yakni mengurung diri di dalam
kamar dan enggan keluar sehingga banyak dari mereka yang susah bersosialisasi
dengan orang lain.
BAB IV
PENUTUP
4.1
Kelebihan dan Kekurangan
4.1.1
Kelebihan :
A.
Sang
asisten hologram yang memiliki kepribadian menarik seperti apa yang manusia
miliki yang diberi nama Azuma Hikari
B.
Azuma
Hikari sendiri telah dilengkapi dengan berbagai sensor canggih, sehingga
komunikasi yang terjalin antara Hikari dan
pemiliknya tidak akan banyak kekurangan dan masalah seperti ketika mengobrol
dengan Google Now, Siri ataupun Cortana.
C.
Robot
virtual ini juga bisa menemani pengguna yang kesepian.
4.1.2
Kekurangan :
A.
Untuk saat ini Gatebox ini hanya dapat menerima perintah lewat bahasa Jepang saja.
B.
Harga
jualnya yang tergolong mahal yakni 298.000
yen, atau sekitar Rp 33 juta.
4.2
Manfaat Dari Gatebox Virtual Home Robot
1. Gatebox
terkoneksikan dengan seluruh perabotan rumah, mampu menyiapkan segala hal yang
ada di rumah, mulai dari membangunkan kamu, menyalakan lampu dan AC ketika kamu
akan pulang, hingga membersihkan rumah kamu.
2. Bagi
para pengguna Internet of Things (IoT) yang rumahnya sudah dilengkapi dengan
berbagai perangkat pintar (smart devices), Gatebox juga memiliki kemampuan
untuk mengaktifkan atau menonaktifkan semua perangkat tersebut hanya dengan
sebuah perintah suara saja.
3. Gatebox
ini bisa diajak komunikasi secara dua arah.
4.3
Kesimpulan
Dari
penjelasan di atas dapat kami simpulkan bahwa dengan adanya Gatebox ini dapat
membantu masyarakat, khususnya yang masih tinggal sendiri dan sangat sibuk
dengan pekerjaannya sehingga tidak sempat untuk membersihkan kamarnya, tetapi
tentu saja rumah tersebut harus sudah terpasang smart home, sehingga alat
tersebut bisa membersihkan rumah. Jika seandainya alat tersebut di aplikasikan
di Indonesia maka kegunaan atau fungsi utama alat tersebut kemungknan besar
tidak aka berguna, arena pada umumnya rumah-rumah yang ada di Indonesia masih
belum terpasang smart home dan juga pengaplikasian aplikasi ini harus
menggunakan internet sebagai media perantara yang tentusaja rumah yang akan di
pasang atau diberi alat ini juga harus ada koneksi internet yang stabil, supaya
alat tersebut(Gatebox) bisa di gunakan secara maksimal.
4.4
Saran
Beberapa hal penting yang harus di
lakukan dalam pengembangan Gatebox adalah:
1.
Penambahan
jumlah karakter dengan kepribadian yang berbeda di setiap karakter.
2.
Penambahan
bahasa, jika saat ini masih terdapat 2 bahasa yakni bahasa jepang dengan bahasa
Inggris, untuk kedepannya diharapkan dapat menambahkan beberapa bahasa lain,
seperti bahasa Indonesia, bahasa China, dan sebagainya. Sehungga pengguna yang
tidak begitu mahir berbahasa Inggris juga bisa menikmatinya.
BAB V
DAFTAR PUSTAKA
·
https://www.duniaku.net/2016/12/16/20161216mengenal-gatebox/
http://banyuwangi.timesindonesia.co.id/read/8668/20161216/201545/gatebox-istri-virtual-obat-para-jomblo/
https://www.zetizen.com/show/6149/gatebox-smart-speaker-bikinan-jepang-yang-bisa-jadi-pacar-virtual-kamu
https://www.kreasitekno.com/gatebox-waifu-virtual/
http://japanwaarodu.us/2013/10/pengertian-moe-dan-type-karakter-moe.html
http://majalah1000guru.net/2013/05/berkenalan-dengan-holografi/
http://id.m.wikipedia.org/wiki/Otaku
http://id.m.wikipedia.org/wiki/hikikomori
http://banyuwangi.timesindonesia.co.id/read/8668/20161216/201545/gatebox-istri-virtual-obat-para-jomblo/
https://www.zetizen.com/show/6149/gatebox-smart-speaker-bikinan-jepang-yang-bisa-jadi-pacar-virtual-kamu
https://www.kreasitekno.com/gatebox-waifu-virtual/
http://japanwaarodu.us/2013/10/pengertian-moe-dan-type-karakter-moe.html
http://majalah1000guru.net/2013/05/berkenalan-dengan-holografi/
http://id.m.wikipedia.org/wiki/Otaku
http://id.m.wikipedia.org/wiki/hikikomori
0 komentar:
Posting Komentar