LAPORAN
INTERAKSI MANUSIA DENGAN KOMPUTER
KECANGGIHAN
TEKNOLOGI PESAWAT F-15
DISUSUN
OLEH :
1.
Ahmad Afandi (5.15.04.11.0.002)
2. Septian Yogi Pratama (5.15.04.11.0.121)
3. Sri Fitri Wulandari (5.15.04.11.0.105)
PROGRAM
STUDI TEKNIK INFORMATKA
FAKULTAS
TEKNIK
UNIVERSITAS
ISLAM MAJAPAHIT
MOJOKERTO
TAHUN
AKADEMIK 2017
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena
atas rahmat-Nya Laporan Interaksi Manusia Dengan Komputer ini dapat
diselesaikan. Tujuan dibuatnya laporan ini adalah untuk mengetahui kecanggihan
teknologi yang sedang berkembang pesat pada zaman sekarang ini. Penulis
menyadari bahwa banyak kekurangan dari laporan ini, mengingat kurangnya
pengetahuan dan pengalaman penulis. Oleh karena itu, kritik dan saran yang
membangun sangat penulis harapkan untuk memperbaiki kinerja dimasa mendatang.
Mojokerto,
30 Mei 2017
Penulis
DAFTAR
ISI
Kata
Pengantar...................................................................................................... i
Daftar
Isi............................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN................................................................................... 4
1.1 Latar Belakang.............................................................................................. 4
1.2 Tujuan............................................................................................................ 5
BAB II PEMBAHASAN.................................................................................... 6
2.1 Sejarah........................................................................................................... 6
2.2 Kelebihan dan
Kekurangan F-15................................................................ 7
2.3 Komponen dan
Kinerja F-15....................................................................... 9
2.4 Rangkaian...................................................................................................... 11
BAB III PENUTUP............................................................................................ 13
3.1 Daftar Pustaka.............................................................................................. 13
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
F-15 Eagle adalah pesawat
tempur taktis supersonik segala cuaca yang dirancang untuk menciptakan dan
mempertahankan superioritas udara dalam pertarungan di langit. Pesawat ini dikembangkan untuk Angkatan Udara
Amerika Serikat, dan
pertama kali terbang pada Juli 1972. F-15E Strike Eagle adalah variannya yang merupakan pesawat tempur serang yang mulai dipakai pada tahun 1989. Angkatan Udara Amerika Serikat berencana untuk tetap
menggunakan F-15 sampai tahun 2025.
Dengan tujuan untuk melakukan
penggantian pesawat F-4 Phantoms, AU AS mengeluarkan kebutuhan pesawat baru
dengan jenis pesawat tempur superioritas udara jarak-jauh pada 1965. Performa
yangdibutuhkan adalah kemampuan udara-ke-udara visual, kemampuan
"dogfight" jarak dekat, mesin kembar, meriam internal, mempunyai
jarak jangkau yang jauh sehingga dapat ke Eropa tanpa proses pengisian bahan
bakar, dan kecepatan maksimum hingga 2.5 Mach. McDonnell Douglas dipilih dari
rivalnya North American and Fairchild Republic untuk memproduksi pesawat yang
kemudian dikenal dengan F-15 Eagle.
McDonnell Douglas menggunakan
sistem aerodinamik yang memberikan F-15 sayap yang besar/lebar sehingga pesawat
mempunyai agilitas baik untuk pesawat sebesar F-15. Akan tetapi, masalah
"buffet and flutter" transonik yang terjadi pada penerbangan test
awal sehingga memputuhkan rem-udara yang lebih besar, memotong "trailing
edges" pada ujung sayap dan menambah "notched dogtooths" pada
ekor pesawat. Penambahan inlets adjustable kompresi eksternal dan penggunaan
titanium pada skala besar membuat F-15 dapat mencapai kecepatan 2.5 Mach pada
altitude tinggi, tetapi kecepatannya hanya terbatas sampai 1.78 Mach ketika
dipersenjatai. Desain kokpit revolusioner milik F-15 menghasilkan visibilitas
bagus dengan menempatkan pilot di bawah atap/kanopi besar dan penggunaan Hands
On Throttle and Stick (HOTAS) menempatkan semua kontrol vital pesawat dekat
dengan tanga pilot.
Walaupun AU AS sebenarnya
memesan 730 pesawat F-15A tempat duduk tunggal dan F-15B tempat duduk dua untuk
trainer, hanya 410 saja yang telah dibuat, sebelum produksi diubah menjadi
model F-15C/D yang lebih baik. Pesawat model C/D ini mempunyai sebuah receiver
peringatan radar baru, update software dan tangki bahan bakar konformal
sepanjang samping inlet mesin yang meningkatan kapasitas bahan bakar tanpa
mengganggu kapasitas senjata. Model F-15C/D juga mempunyai mesin F100-220 yang
lebih bertenaga ditambah dengan radar APG-70 yang lebih cepat dengan resolusi
yang lebih baik dan memori yang lebih besar disbanding dengan radar terdahulu,
APG-63.
Model F-15A/B dan F-15C/D juga
diupgrade mengikuti ambisi Mid-Service Improvement Program (MSIP), dengan
mengupgrade radar, sistem avionic, dan mengganti komputer analog dengan
prosesor pusat digital. Selain itu, dengan penambagan layer display senjata,
meningkatkan countermeasures internal dan penambahan kompatabilitas dengan
AIM-120 AMRAAM.
1.2 Tujuan
·
Mengetahui awal mula diciptakannya pesawat F-15 ?
·
Mengetahui kelebihan dan kekurangan pesawat F-15 ?
·
Mengetahui spesifikasi dan kecanggihan pesawat F-15
?
·
Mengetahui model design dan rangkaian pesawat F-15 ?
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Sejarah
Pada Perang Korea, pesawat
tempur Amerika Serikat yang dapat mengalahkan pesawat tempur MiG-15 Soviet
hanya adalah F-86 Sabre. Kemudian pada tahun 1965, komunitas pesawat tempur
dikejutkan dengan hancurnya pesawat-pesawat modern F-105 Thunderchief oleh
MiG-17 era pasca-Perang Korea, pada Perang Vietnam. Intelijen Angkatan Udara
Amerika Serikat kemudian mengetahui bahwa Uni Soviet sedang dalam tahap
mengembangkan pesawat tempur yang lebih besar, yang dinamakan MiG-25. Pada
Perang Vietnam, pesawat yang memiliki persenjataan, jarak jangkau, dan
kelincahan yang cukup untuk mengalahkan pesawat tempur buatan Soviet hanyalah
F-4 Phantom II. Namun, pesawat ini masih memiliki banyak kelemahan.
Angkatan Udara AS
membutuhkan pesawat yang lebih baik dari F-4 Phantom. Setelah menolak program
VFX Angkatan Laut AS (yang akhirnya menghasilkan F-14 Tomcat), Angkatan Udara
AS membuat program mereka sendiri, yaitu FX (Fighter Experimental), dengan
spesifikasi untuk pesawat tempur superioritas udara yang relatif ringan. Tiga
perusahaan menyerahkan proposal, yaitu Fairchild Republic, North American
Rockwell, dan McDonnell Douglas. Angkatan Udara AS mengumumkan bahwa mereka
telah memilih McDonnell Douglas pada tanggal 23 Desember 1969. Disain yang
terpilih menggunakan sayap ekor ganda mirip dengan F-14, namun tidak
menggunakan sayap lipat.
Versi paling pertamanya,
yang diberikan nama F-15A untuk varian kursi tunggal dan F-15B untuk varian
berkursi ganda, digerakkan oleh mesin yang baru, Pratt & Whitney F100, yang
dapat mencapai perbandingan dorongan dengan berat rasio 1 banding 1. Meriam
tanpa selongsong 25 mm Ford-Philco GAU-7 yang awalnya dikembangkan untuk
pesawat ini dibatalkan karena menemui masalah pengembangan, dan digantikan
meriam M61 Vulcan standar. F-15 juga melanjutkan pemakaian empat rudal Sparrow,
sama seperti Phantom. Sayap tetap F-15 terpasang pada badan pesawat yang dibuat
lebar dan datar, yang membantu sayap memberikan dorongan ke atas. Pengembangan
F-15E Strike Eagle juga akhirnya menghasilkan pesawat untuk menggantikan F-111
Aardvark.
Namun, perdebatan di dalam
tubuh Angkatan Udara Amerika Serikat mengenai F-15 yang terlalu besar sebagai pesawat
tempur superioritas udara, dan dinilai terlalu mahal untuk diproduksi secara
menyeluruh menggantikan F-4 dan A-7 mengakibatkan dimulainya program Light
Weight Fighter (Pesawat Tempur Ringan), yang akhirnya akan menghasilkan pesawat
tempur ringan F-16 Fighting Falcon dan pesawat tempur menengah F/A-18 Hornet.
2.2 Kelebihan dan Kekurangan F-15
Kelebihan :
·
Kecepatan yang melampaui kecepatan suara dalam
penerbangan vertical.
·
Radar yang dapat mendeteksi hingga 200 mil.
Kekurangan
:
·
Komponen rem udara yang lebih besar karena kecepatan
yang mencapai 2.5 Mach.
·
Kecepatan maksimum berkurang menjadi 1.78 Mach saat
di persenjatai lengkap.
Manfaat :
Pesawat ini adalah pesawat yang di ciptakan
sebagai pesawat tempur paling strategis dalam deteksi cuaca, ke efisienan
design model, bahan bakar dan atribute tempur dll..
Selain sebagai pesawat tempur F-15 ini juga
sangat efisien dan berguna sebagai media patroli militer udara, tanpa
menimbulkan suara yang begitu keras.
Dan juga biasa digunakan sebagai parade pesawat
di event-event atau acara besar negara Indonesia.
2.3 Komponen dan Kinerja F-15
Ciri-ciri
umum :
- Kru: 1
- Panjang: 63,8
ft (19,44 m)
- Rentang sayap: 42,8
ft (13 m)
- Tinggi: 18,5
ft (5,6 m)
- Luas
sayap: 608 ft² (56,5 m²)
- Airfoil:NACA 64A006.6 root,
NACA 64A203 tip
- Berat
kosong: 28.000 lb (12.700 kg)
- Berat
isi: 44.500 lb (20.200 kg)
- Berat
maksimum saat lepas landas: 68.000 lb (30.845 kg)
- Mesin: 2 × Pratt & Whitney F100-100,-220,
atau -229 turbofan
- Dorongan
kering: 17.450 lbf (77,62 kN) masing-masing
- Dorongan
dengan pembakar lanjut:
25.000 lbf untuk -220; 29.000 lbf untuk -229 (111,2 kN untuk -220; 129,0
kN untuk -229) masing-masing
Kinerja
- Ketinggian
rendah: Mach 1,2 (1.450 km/jam)
- Ketinggian
tinggi: Mach 2,5 (3.018 km/jam)
- Jangkauan
feri: 3.000 nm (5.600 km) dengan bahan bakar eksternal
- Langit-langit batas: 65.000
ft (20.000 m)
- Laju tanjak:>50.000
ft/min (254 m/s)
- Beban
sayap: 73,1 lb/ft² (358 kg/m²)
- Dorongan/berat: 1,12
(-220), 1,30 (-229)
Persenjataan
- Senjata
api: 1× meriam M61A1 20 mm,
940 butir peluru
- Titik
keras: 4 sayap, 4 badan, 2 stasiun sayap, stasiun
tengah dengan kapasitas 7.300 kg
- Rudal:
Avionik
- Radar:
- RaytheonAN/APG-63 atau AN/APG-70 atau
- Raytheon
AN/APG-63(V)2 Active
Electronically Scanned Array (AESA)
- Countermeasures:
- AN/APX-76
IFF interrogator
- AN/ALQ-128 radar
warning suite
- AN/ALR-56
radar warning receiver
- ALQ-135
internal countermeasures system
- AN/ALE-45 chaff/flare dispensers
2.4 Rangkaian
Gambar 2.4.0
Ini adalah gambar rangakaian body pesawat F-15 yang tampak dari berbagai sisi,dengan bentuk yg aerodinamis dapat bermanuver dengan cepat.
Ini adalah gambar rangakaian body pesawat F-15 yang tampak dari berbagai sisi,dengan bentuk yg aerodinamis dapat bermanuver dengan cepat.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
F-15 adalah
pesawat tempur yang diciptakan dengan berbagai variant dari beberapa variant
tersebut yang paling modern dan sangat superior sampai sekarang ini adalah F-15
Eagle dimana pesawat ini tentunya mempunyai kecanggihan di atas rata-rata
dibandingkan dengan pesawat tempur lain pada umumnya.
Setara
dengan kecanggihannya pesawat tempur F-15 ini juga mempunyai kelemahan, dimana
pesawat ini sangat lambat pada saat pengereman di udara, dengan kemampuan
terbang 2.5 Mach tentu saja pesawat ini membutuhkan rem udara yang lebih besar,
walaupun pesawat ini pada umumnya digunakan sebagai pesawat tempur yang
mempunyai kecepatan 2.5 Mach tapi pada saat dipersenjatai pesawat tempur F-15
ini hanya mampu terbang dengan kecepatan maksimal 1.78 Mach saja karena dengan
lebar sayap yang menampung dua kali berat senjata pada kiri-kanan sayap
sehingga beban akan mengurangi kecepatan maksimum pesawat di udara.
F-15 adalah pesawat tempur yang diciptakan dengan berbagai variant dari beberapa variant tersebut yang paling modern dan sangat superior sampai sekarang ini adalah F-15 Eagle dimana pesawat ini tentunya mempunyai kecanggihan di atas rata-rata dibandingkan dengan pesawat tempur lain pada umumnya. Setara dengan kecanggihannya pesawat tempur F-15 ini juga mempunyai kelemahan, dimana pesawat ini sangat lambat pada saat pengereman di udara, dengan kemampuan terbang 2.5 Mach tentu saja pesawat ini membutuhkan rem udara yang lebih besar, walaupun pesawat ini pada umumnya digunakan sebagai pesawat tempur yang mempunyai kecepatan 2.5 Mach tapi pada saat dipersenjatai pesawat tempur F-15 ini hanya mampu terbang dengan kecepatan maksimal 1.78 Mach saja karena dengan lebar sayap yang menampung dua kali berat senjata pada kiri-kanan sayap sehingga beban akan mengurangi kecepatan maksimum pesawat di udara. Untuk daftar selengkapnya bisa kunjungi 10 Pesawat Tempur Tercanggih
BalasHapus