• KECANGGIHAN TEKNOLOGI PESAWAT F-15 (Makalah)

    LAPORAN INTERAKSI MANUSIA DENGAN KOMPUTER
    KECANGGIHAN TEKNOLOGI PESAWAT F-15



    DISUSUN OLEH :
    1.   Ahmad Afandi (5.15.04.11.0.002)
    2.   Septian Yogi Pratama (5.15.04.11.0.121)
    3.   Sri Fitri Wulandari  (5.15.04.11.0.105)


    PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATKA
    FAKULTAS TEKNIK
    UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT
    MOJOKERTO
    TAHUN AKADEMIK 2017


    KATA PENGANTAR

              Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat-Nya Laporan Interaksi Manusia Dengan Komputer ini dapat diselesaikan. Tujuan dibuatnya laporan ini adalah untuk mengetahui kecanggihan teknologi yang sedang berkembang pesat pada zaman sekarang ini. Penulis menyadari bahwa banyak kekurangan dari laporan ini, mengingat kurangnya pengetahuan dan pengalaman penulis. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan untuk memperbaiki kinerja dimasa mendatang.

    Mojokerto, 30 Mei 2017


    Penulis

    DAFTAR ISI
    Kata Pengantar...................................................................................................... i
    Daftar Isi............................................................................................................... ii
    BAB I PENDAHULUAN................................................................................... 4
    1.1 Latar Belakang.............................................................................................. 4
    1.2 Tujuan............................................................................................................ 5
    BAB II PEMBAHASAN.................................................................................... 6
    2.1 Sejarah........................................................................................................... 6
    2.2 Kelebihan dan Kekurangan F-15................................................................ 7
    2.3 Komponen dan Kinerja F-15....................................................................... 9
    2.4 Rangkaian...................................................................................................... 11
    BAB III PENUTUP............................................................................................ 13
    3.1 Daftar Pustaka.............................................................................................. 13


    BAB I
    PENDAHULUAN
    1.1 Latar belakang
    F-15 Eagle adalah pesawat tempur taktis supersonik segala cuaca yang dirancang untuk menciptakan dan mempertahankan superioritas udara dalam pertarungan di langit. Pesawat ini dikembangkan untuk Angkatan Udara Amerika Serikat, dan pertama kali terbang pada Juli 1972. F-15E Strike Eagle adalah variannya yang merupakan pesawat tempur serang yang mulai dipakai pada tahun 1989. Angkatan Udara Amerika Serikat berencana untuk tetap menggunakan F-15 sampai tahun 2025.
    Dengan tujuan untuk melakukan penggantian pesawat F-4 Phantoms, AU AS mengeluarkan kebutuhan pesawat baru dengan jenis pesawat tempur superioritas udara jarak-jauh pada 1965. Performa yangdibutuhkan adalah kemampuan udara-ke-udara visual, kemampuan "dogfight" jarak dekat, mesin kembar, meriam internal, mempunyai jarak jangkau yang jauh sehingga dapat ke Eropa tanpa proses pengisian bahan bakar, dan kecepatan maksimum hingga 2.5 Mach. McDonnell Douglas dipilih dari rivalnya North American and Fairchild Republic untuk memproduksi pesawat yang kemudian dikenal dengan F-15 Eagle.
    McDonnell Douglas menggunakan sistem aerodinamik yang memberikan F-15 sayap yang besar/lebar sehingga pesawat mempunyai agilitas baik untuk pesawat sebesar F-15. Akan tetapi, masalah "buffet and flutter" transonik yang terjadi pada penerbangan test awal sehingga memputuhkan rem-udara yang lebih besar, memotong "trailing edges" pada ujung sayap dan menambah "notched dogtooths" pada ekor pesawat. Penambahan inlets adjustable kompresi eksternal dan penggunaan titanium pada skala besar membuat F-15 dapat mencapai kecepatan 2.5 Mach pada altitude tinggi, tetapi kecepatannya hanya terbatas sampai 1.78 Mach ketika dipersenjatai. Desain kokpit revolusioner milik F-15 menghasilkan visibilitas bagus dengan menempatkan pilot di bawah atap/kanopi besar dan penggunaan Hands On Throttle and Stick (HOTAS) menempatkan semua kontrol vital pesawat dekat dengan tanga pilot.
    Walaupun AU AS sebenarnya memesan 730 pesawat F-15A tempat duduk tunggal dan F-15B tempat duduk dua untuk trainer, hanya 410 saja yang telah dibuat, sebelum produksi diubah menjadi model F-15C/D yang lebih baik. Pesawat model C/D ini mempunyai sebuah receiver peringatan radar baru, update software dan tangki bahan bakar konformal sepanjang samping inlet mesin yang meningkatan kapasitas bahan bakar tanpa mengganggu kapasitas senjata. Model F-15C/D juga mempunyai mesin F100-220 yang lebih bertenaga ditambah dengan radar APG-70 yang lebih cepat dengan resolusi yang lebih baik dan memori yang lebih besar disbanding dengan radar terdahulu, APG-63.
    Model F-15A/B dan F-15C/D juga diupgrade mengikuti ambisi Mid-Service Improvement Program (MSIP), dengan mengupgrade radar, sistem avionic, dan mengganti komputer analog dengan prosesor pusat digital. Selain itu, dengan penambagan layer display senjata, meningkatkan countermeasures internal dan penambahan kompatabilitas dengan AIM-120 AMRAAM.

    1.2 Tujuan
    ·         Mengetahui awal mula diciptakannya pesawat F-15 ?
    ·         Mengetahui kelebihan dan kekurangan pesawat F-15 ?
    ·         Mengetahui spesifikasi dan kecanggihan pesawat F-15 ?
    ·         Mengetahui model design dan rangkaian pesawat F-15 ?


    BAB II
    PEMBAHASAN

    2.1 Sejarah
    Pada Perang Korea, pesawat tempur Amerika Serikat yang dapat mengalahkan pesawat tempur MiG-15 Soviet hanya adalah F-86 Sabre. Kemudian pada tahun 1965, komunitas pesawat tempur dikejutkan dengan hancurnya pesawat-pesawat modern F-105 Thunderchief oleh MiG-17 era pasca-Perang Korea, pada Perang Vietnam. Intelijen Angkatan Udara Amerika Serikat kemudian mengetahui bahwa Uni Soviet sedang dalam tahap mengembangkan pesawat tempur yang lebih besar, yang dinamakan MiG-25. Pada Perang Vietnam, pesawat yang memiliki persenjataan, jarak jangkau, dan kelincahan yang cukup untuk mengalahkan pesawat tempur buatan Soviet hanyalah F-4 Phantom II. Namun, pesawat ini masih memiliki banyak kelemahan.
    Angkatan Udara AS membutuhkan pesawat yang lebih baik dari F-4 Phantom. Setelah menolak program VFX Angkatan Laut AS (yang akhirnya menghasilkan F-14 Tomcat), Angkatan Udara AS membuat program mereka sendiri, yaitu FX (Fighter Experimental), dengan spesifikasi untuk pesawat tempur superioritas udara yang relatif ringan. Tiga perusahaan menyerahkan proposal, yaitu Fairchild Republic, North American Rockwell, dan McDonnell Douglas. Angkatan Udara AS mengumumkan bahwa mereka telah memilih McDonnell Douglas pada tanggal 23 Desember 1969. Disain yang terpilih menggunakan sayap ekor ganda mirip dengan F-14, namun tidak menggunakan sayap lipat.
    Versi paling pertamanya, yang diberikan nama F-15A untuk varian kursi tunggal dan F-15B untuk varian berkursi ganda, digerakkan oleh mesin yang baru, Pratt & Whitney F100, yang dapat mencapai perbandingan dorongan dengan berat rasio 1 banding 1. Meriam tanpa selongsong 25 mm Ford-Philco GAU-7 yang awalnya dikembangkan untuk pesawat ini dibatalkan karena menemui masalah pengembangan, dan digantikan meriam M61 Vulcan standar. F-15 juga melanjutkan pemakaian empat rudal Sparrow, sama seperti Phantom. Sayap tetap F-15 terpasang pada badan pesawat yang dibuat lebar dan datar, yang membantu sayap memberikan dorongan ke atas. Pengembangan F-15E Strike Eagle juga akhirnya menghasilkan pesawat untuk menggantikan F-111 Aardvark.
    Namun, perdebatan di dalam tubuh Angkatan Udara Amerika Serikat mengenai F-15 yang terlalu besar sebagai pesawat tempur superioritas udara, dan dinilai terlalu mahal untuk diproduksi secara menyeluruh menggantikan F-4 dan A-7 mengakibatkan dimulainya program Light Weight Fighter (Pesawat Tempur Ringan), yang akhirnya akan menghasilkan pesawat tempur ringan F-16 Fighting Falcon dan pesawat tempur menengah F/A-18 Hornet.

    2.2 Kelebihan dan Kekurangan F-15
    Kelebihan :
    ·         Kecepatan yang melampaui kecepatan suara dalam penerbangan vertical.
    ·         Radar yang dapat mendeteksi hingga 200 mil.
    Kekurangan :
    ·         Komponen rem udara yang lebih besar karena kecepatan yang mencapai 2.5 Mach.
    ·         Kecepatan maksimum berkurang menjadi 1.78 Mach saat di persenjatai lengkap.
    Manfaat :
    Pesawat ini adalah pesawat yang di ciptakan sebagai pesawat tempur paling strategis dalam deteksi cuaca, ke efisienan design model, bahan bakar dan atribute tempur dll..
    Selain sebagai pesawat tempur F-15 ini juga sangat efisien dan berguna sebagai media patroli militer udara, tanpa menimbulkan suara yang begitu keras.
    Dan juga biasa digunakan sebagai parade pesawat di event-event atau acara besar negara Indonesia.



    2.3 Komponen dan Kinerja F-15
    Ciri-ciri umum :
    • Kru: 1
    • Panjang: 63,8 ft (19,44 m)
    • Rentang sayap: 42,8 ft (13 m)
    • Tinggi: 18,5 ft (5,6 m)
    • Luas sayap: 608 ft² (56,5 m²)
    • Airfoil:NACA 64A006.6 root, NACA 64A203 tip
    • Berat kosong: 28.000 lb (12.700 kg)
    • Berat isi: 44.500 lb (20.200 kg)
    • Berat maksimum saat lepas landas: 68.000 lb (30.845 kg)
    • Mesin: 2 × Pratt & Whitney F100-100,-220, atau -229 turbofan
      • Dorongan kering: 17.450 lbf (77,62 kN) masing-masing
      • Dorongan dengan pembakar lanjut: 25.000 lbf untuk -220; 29.000 lbf untuk -229 (111,2 kN untuk -220; 129,0 kN untuk -229) masing-masing
         Kinerja
      • Ketinggian rendah: Mach 1,2 (1.450 km/jam)
      • Ketinggian tinggi: Mach 2,5 (3.018 km/jam)
    • Jangkauan feri: 3.000 nm (5.600 km) dengan bahan bakar eksternal
    • Langit-langit batas: 65.000 ft (20.000 m)
    • Laju tanjak:>50.000 ft/min (254 m/s)
    • Beban sayap: 73,1 lb/ft² (358 kg/m²)
    • Dorongan/berat: 1,12 (-220), 1,30 (-229)
      


         Persenjataan
        Avionik
    • Radar:
    • Countermeasures:
      • AN/APX-76 IFF interrogator
      • AN/ALQ-128 radar warning suite
      • AN/ALR-56 radar warning receiver
      • ALQ-135 internal countermeasures system
      • AN/ALE-45 chaff/flare dispensers

    2.4 Rangkaian


    Gambar 2.4.0
    Ini adalah gambar rangakaian body pesawat F-15 yang tampak dari berbagai sisi,dengan bentuk yg aerodinamis dapat bermanuver dengan cepat.




    Gambar 2.4.1
    Cookpit yang dilengkapi radar Raytheon AN/APG-63






    Gambar 2.4.2
    Pesawat F 15 dengan di bekali rudal
    AIM-7F Sparrow di sisi kiri dan kanan sayap


    BAB III
    PENUTUP

    3.1 Kesimpulan
    F-15 adalah pesawat tempur yang diciptakan dengan berbagai variant dari beberapa variant tersebut yang paling modern dan sangat superior sampai sekarang ini adalah F-15 Eagle dimana pesawat ini tentunya mempunyai kecanggihan di atas rata-rata dibandingkan dengan pesawat tempur lain pada umumnya.
    Setara dengan kecanggihannya pesawat tempur F-15 ini juga mempunyai kelemahan, dimana pesawat ini sangat lambat pada saat pengereman di udara, dengan kemampuan terbang 2.5 Mach tentu saja pesawat ini membutuhkan rem udara yang lebih besar, walaupun pesawat ini pada umumnya digunakan sebagai pesawat tempur yang mempunyai kecepatan 2.5 Mach tapi pada saat dipersenjatai pesawat tempur F-15 ini hanya mampu terbang dengan kecepatan maksimal 1.78 Mach saja karena dengan lebar sayap yang menampung dua kali berat senjata pada kiri-kanan sayap sehingga beban akan mengurangi kecepatan maksimum pesawat di udara.
       
  • 1 komentar:

    1. F-15 adalah pesawat tempur yang diciptakan dengan berbagai variant dari beberapa variant tersebut yang paling modern dan sangat superior sampai sekarang ini adalah F-15 Eagle dimana pesawat ini tentunya mempunyai kecanggihan di atas rata-rata dibandingkan dengan pesawat tempur lain pada umumnya. Setara dengan kecanggihannya pesawat tempur F-15 ini juga mempunyai kelemahan, dimana pesawat ini sangat lambat pada saat pengereman di udara, dengan kemampuan terbang 2.5 Mach tentu saja pesawat ini membutuhkan rem udara yang lebih besar, walaupun pesawat ini pada umumnya digunakan sebagai pesawat tempur yang mempunyai kecepatan 2.5 Mach tapi pada saat dipersenjatai pesawat tempur F-15 ini hanya mampu terbang dengan kecepatan maksimal 1.78 Mach saja karena dengan lebar sayap yang menampung dua kali berat senjata pada kiri-kanan sayap sehingga beban akan mengurangi kecepatan maksimum pesawat di udara. Untuk daftar selengkapnya bisa kunjungi 10 Pesawat Tempur Tercanggih

      BalasHapus