• MOBIL HYBRID BMW i8 (Makalah)

    TUGAS MAKALAH INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

    MOBIL HYBRID BMW i8
    Nama Anggota :
    1.    Muhammad Yusuf Aprinanda      (5.15.04.11.0.092)
    2.    Siti Nur Maslakha                          (5.15.04.11.0.104)



    PROGRAM STUDI INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
    FAKULTAS TEKNIK INFORMATIKA
    UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT
    TAHUN AKADEMIK 2017
    KATA PENGANTAR
    Puji Syukur Alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberi kesehatan, ketabahan dan kelapangan hati kepada penulis dalam menyelesaikan Tugas makalah mata pelajaran Interaksi  Manusia Dan Komputer di Universitas islam Majapahit.
    Dalam Penulisan ini banyak mendapat bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. Maka sudah sewajarnya pada kesempatan ini, penulis menyampaikan rasa terimakasih ibu Lora Khaula Amifia,S,pd,M.Eng selaku Pengajar Interaksi  Manusia Dan Komputer.
    Tugas makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan demi sempurnanya proposal ini. Semoga proposal ini memberikan informasi bagi mahasiswa dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.


    Mojokerto, 07-06-2017


                                                                                 Penulis

                                                             
                                                                                         


    DAFTAR ISI

    BAB I

    PENDAHULUAN
    1.1  Latar Belakang................................................................................ 4
    1.2  Tujuan Dan Penjelasan.................................................................... 5

    BAB II

    DASAR TEORI
    2.1 Sejarah............................................................................................. 6
    2.2  Kelebihan........................................................................................ 7
    2.3  Kekurangan..................................................................................... 10
    2.4  Manfaat........................................................................................... 11
    2.5  Komponen Pembuatan.................................................................... 11

    BAB III

    PENJELASAN
    3.1  Analisis.......................................................................................... 15
    3.2  Kesimpulan Dan Saran.................................................................. 15
    3.3  Daftar Pustaka............................................................................... 16











    BAB I
    PENDAHULUAN
     1.1  Latar Belakang
    Dengan berkembangnya dunia otomotif, maka semakin banyak bahan bakar minyak yang dibutuhkan untuk bahan bakar kendaraan bermotor. Kenaikan harga minyak bumi yang terus meningkat, industri otomotif mulai mengembangkan mobil jenis hybrid, dan mobil listrik.
    Mobil listrik dikenal dalam istilah eletric road vehicles yang di Amerika dikembangkan menjadi dua jenis, diantaranya  Zero Emission Vehicles (ZEV) dan Low Emission Vehicles (LEV). Mobil listrik yang dikategorikan menjadi Zero Emission Vehicles adalah mobil baterai dan mobil feul cell. Sedangkan yang dikategorikan menjadi LEV adalah mobil yang sistem penggeraknya memadukan antara convensional engine dengan motor listrik. Mobil listrik jenis baterai menggunakan baterai sebagai sumber energi untuk menggerakkan kendaraan.
    Kehadiran mobil listrik sudah ramai diperbincangkan di Indonesia. Seperti yang kita tahu mobil listrik merupakan alat transportasi dengan inovasi baru yang bentuknya sama seperti mobil biasa. Hanya saja, penggerak untuk mobil ini tidak menggunakan bahan bakar melainkan listrik. Sebenarnya mobil listrik sudah pernah diciptakan dan diaplikasikan di Indonesia. Tetapi, mobil listrik belum dapat diterapkan secara permanen karena dianggap masih memerlukan kinerja khusus.
    Untuk menghasilkan listrik, sumber yang digunakan oleh mobil listrik terbagi menjadi dua, yaitu baterai dan fuel cell dari hidrogen. Dengan menggunakan fuel cell berarti mobil listrik tidak memerlukan baterai, penggantinya adalah gas hidrogen. Sedangkan yang menggunakan baterai, membutuhkan charger untuk isi ulang karena penggeraknya tidak menggunakan bahan bakar. Maka,ini menjadi suatu kelabihan mobil listrik karena tidak menimbulkan polusi udara dan juga tidak menghabiskan persediaan bahan bakar.
    Selain itu, karena penggeraknya bukan dengan pembakaran, mobil listrik tidak menimbulkan kebisingan di lingkungan otomatis akan membahayakan penyeberang jalan, khususnya anak-anak dan tuna netra. Dikarenakan oleh hal ini, mobil listrik lebih cocok untuk diaplikasikan di negara-negara yang memiliki kesadaran tinggi dalam ketaatan berlalu lintas. Mobil listrik juga membutuhkan charger untuk mengisi ulang baterai ,secara tidak langsung kita akan menggunakan listrik dari PLN. Apabila PLN menghasilkan listrik dengan cara pembakaran, maka pengaplikasian mobil listrik akan sia-sia, dimana tujuan dari penggunaan mobil listrik adalah mengurangi pembakaran bahan bakar dan mengurangi polusi udara. Penggunaan mobil listrik dirasa efektif selain tidak menimbulkan polusi udara 




    1.2   Tujuan Dan Penjelasan
    1.  Memberikan solusi dalam melakukan pengurangan polusi udara yaitu dengan menggunakan energi listrik sebagai sumber daya penggerak tanpa menimbulkan polusi.
    2. Menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta sosial (Ipteks) pada kehidupan masyarakat yaitu dengan adanya mobil listik masyarakat akan lebih mengenal dan lebih tau tentang keguaan mobil listik dibandingan dengan mobil konvensional lainnya.
    3. Meningkatkan pola hidup sehat dan bebas dari polusi udara yaitu dengan adaya energi listrik sebagai tenaga penggerak kita dapat menghirup udara bersih tanpa takut adanya polusi dan emisi yang dikeluarkan mobil listrik.
    4. Mengurangi bahan bakar fosil digantikan dengan energi listrik yaitu dengan adaya mobil listik bahan bakar fosil tidak akan habis.
    5. Ramah lingkungan dan hembat biaya yaitu kita dapat mengurangi bahan bakar fosil dengan menggantikan dengan energi listrik, sekangkan bahan bakar fosil sekarang harganya semakin mahal dengan itu mobil listik bisa digunakan untuk generasi selanjutnya agar bumi kita makin aman dari polusi.
    6. Lebih hemat biaya untuk perawatan karena mobil listik lebih tangguh dan lebih tahan lama jika dibandingkan dengan mobil konvensional sehingga dapat digunakan untuk kebutuhan yang lebih penting.






    BAB II
                                                                 DASAR TEORI      

    2.1 Sejarah

    Sebelum masanya mesin pembakaran dalam, mobil listrik telah memegang banyak rekor kecepatan dan jarak. Di antara semua rekor ini, salah satu yang paling terkenal adalah pemecahan rekor kecepatan 100 km/h (62 mph) oleh Camille Jenatzy pada tanggal 29 April 1899. Ia menggunakan kendaraannya yang berbentuk roket Jamais Contente, dengan kecepatan maksimal 10.588 km/h (6.579 mph). Sebelum tahun 1920-an, mobil listrik bersaing ketat dengan mobil berbahan bakar bensin.
    Dimulai pada tahun 1896 untuk mengatasi masalah infrastruktur pengisian yang kurang, sebuah jasa pelayanan penggantian baterai dimulai oleh perusahaan Hartford Electric Light Company untuk truk listrik. Pemilik kendaraan membeli kendaraannya dari General Electric Company (GVC) tanpa baterai dan membeli baterainya di Hartford Electric dengan sistem baterai yang dapat diganti-ganti. Pemilik kendaraan akan dikenai biaya servis bulanan dan biaya perjalanan per milnya untuk biaya perawatan truknya. Jasa pelayanan ini tersedia pada tahun 1910 sampai 1924 dan menempuh total jarak sekitar 6 juta mil. Pada tahun 1917, sebuah perusahaan di Chicago menjalankan servis pelayanan serupa untuk pemilik mobil Milburn Light Electric yang juga membeli kendaraannya tanpa baterainya.
    Pada tahun 1897, mobil listrik mulai dipakai sebagai kendaraan komersial di Amerika Serikat sebagai armada taksi listrik New York City, taksi ini dibuat oleh Electric Carriage dan Wagon Company Philadelphia. Mobil-mobil listrik di Amerika Serikat diproduksi oleh Anthony Electric, BakerColumbiaAndersonFritchleStudebakerRikerMilburn, dan beberapa perusahaan lainnya di awal abad ke-20.
    Meskipun memiliki kecepatan yang rendah, tapi mobil listrik memiliki banyak kelebihan dibandingkan kompetitornya di awal 1900-an. Mobil listrik tidak menimbulkan getaran, mobil listrik juga tidak mengeluarkan gas buang yang berbau, dan tidak berisik bila dibandingkan dengan mobil bensin. Selain itu, mobil listrik tidak memerlukan perpindahan gigi, dimana pada mobil bensin hal inilah yang menjadi penghambat besar dalam mengemudikannya. Mobil listrik pada masa itu juga digunakan oleh orang-orang kaya yang menggunakannya sebagai mobil kota, sehingga keterbatasan jarak bukanlah hambatan besar. Kelebihan lainnya, mobil listrik juga tidak membutuhkan usaha keras untuk menyalakannya, tidak seperti mobil bensin yang membutuhkan tuas tangan untuk menyalakan mobilnya. Mobil listrik pada masa itu dianggap sebagai mobil yang cocok untuk pengemudi wanita karena kemudahan dalam mengoperasikannya.Pada tahun 1911, New York Times menyatakan bahwa mobil listrik adalah kendaraan "ideal" karena lebih bersih, lebih senyap, dan lebih hemat daripada mobil bensin.





    2.2 Kelebihan

    ·         Body
    Terbaru dari BMW ini menyuguhkan tampilan padat berisi tapi dengan memperlihatkan sisi aerodinamika pada setiap lekuk tubuhnya. Sementara itu, keindahan juga terdapat pada bagian depan, sebagai mobil hybrid, dirinya disuguhkan dengan double headlamp layaknya mata yang dibuat menyipit.  pada bagian samping, BMW sendiri menggunakan model pintu gunting, yang saat di buka bakal menyingkap ke aras, bukan ke samping. Lantas di lini bagian belakang, kemewahan sesungguhnya di tampilkan olehnya melalui stoplamp yang di utungsnya, dimana desainnya mengikuti lekukan head lamp + LED, selain meningkatkan kemewahan Dan sebagai mobil hybrid, dirinya dibentuk dengan wheelbase panjang dalam ukuran 110,2 inchi. Sementara itu mengenai dimensi tubuhnya sendiri tersusun atas panjang 184.6 inch, lebar 76.5 inch, dan tinggi secara keseluruhan mencapai angka 51.0 inch.



    ·         Mesin
    Lanjut masuk ke bagian dapur pacu, mobil hybrid ini memperkuatnya dengan mesin betenaga listik pada bagian depan dan mesin berbahan minyak pada bagian belakang, dan berbicara mesin utama tadi, setidaknya disusun atas 3 silinder lengkap bersama teknologi turbocharged, yang mampu mengantarkan setiap pengguna kedalam sensasi sebenarnya saat berkendara. Tercatat bagian inti itu tadi, BMW i8 dapat menghasilkan power sebesar 357 power horse, dan torsi meraih skor 420 lb-ft, dan di dukung teknologi eDrive. Dari racikan yang dibawanya serta dukungan transmisi automatic, bukan hanya handling tinggi bisa anda rasakan, tetapi mobil ini dapat meraih kecepatan puncak dari 0 mph sampai 60 Mph haya dalam waktu 4,2 detik saja. Biarpun secepat kilat ketika menginjak tuas gas hinga penuh, pemakaian baterai termasuk irit dikelasnya berkat teknologi injeksi yang di usungnya.

    ·         Sektor Kaki-Kaki Dan Pengereman



                   Sektor kaki menggunakan velg aluminium alloy balancing dengan suspensi yang tangguh akan dimanjakan degan keamanan berkendara dengan kombinasi ban soft compound daya lekat yang sangat kuat pada permukaan aspal jalan sehingga tidak akan ada selip pada saat memacu pada kecepatan tinggi, Mobil ini terdapat fitur pengereman ABS dengan kombinasi cakram berbahan besi baja sehingga lebih aman ketika melakukan pengereman mendadak.
    ·         Interior
    interior, meski dirinya hadir dengan dua pintu, akan tetapi ruang kabin terasa begitu luas, yang mana BMW i8 memiliki 4 seters. Bahan yang digunakan olehnya dalam pembuatan jok dikatakan sangatlah bagus. Desainnya mewah, dan pastinya nyaman saat digunakan sekalipun dalam rentan waktu lama. Dengan dua airbag system sehingga pengemudi aman ketika terjadi tabrakan, interior BMW i8 ini terbilang mewah karena terdapat sistem pemanas dan pendingin udara dapat diatur oleh pengguna. Transmisi menguunakan dual salah satunya menggunakan triptonik yang di tanamkan pada kemudi agar perpindahan gigi lebih maksimal sehingga dapat memacu kecepatan dan akurasi yang sangat istimewa. Sektor audio tidak kalah dengan mobil-mobil pada umumnya BMW i8 ini menggunakan audio dengan kualitas yang sangat super. Shiftbelt  juga memiliki system seprti mobil balap.

    2.3 Kekurangan
    ·         Body
    1.  Rangka atau sasis mobil masih mengguankan aluminium alloy sehingga agak sedikit lebih berat di mobil jenis hybrid.
    2. Lampu menggunakan  LED sehingga di jalan yang bekabut tidak bisa menembus kabut sehinnga dapat menggangu penglihatan pengendara.
    3. Jarak antara body dengan aspal hanya sedikit sehingga tidak bisa digunakan pada jalanan di kota-kota kecil.
    4. Segi bahan matrerial body banyak menggunakan lembaran alluminium alloy sehingga bertambah berat.

    ·         Mesin
    1.  Menggunakan dual mesin yaitu mesin konversional dan mesin tenaga listik sehingga jika ada trouble pada sistem kelistrikan akan menimbulkan kebakaran jika terkena tanki bbm.
    2. Mesin konvesional menggunakan system DOHC jadi tiap cylinder ada 4 katup /valve sehingga mesin konvesional dengan cc 1500 agak sedikit boros.

    ·         Sektor kaki-kaki
    1. Ban hal yang sangat pentinga dalam melajunya sebuah mobil, ban di BMW i8 menggunakan bahan soft compoud seperti ban pada mobil balap sehinnga cepat habis ketika digunakan setiap hari.
    2. Cakaram atau piringan pengereman sayangnya BMW i8 masih menggukan bahan besi baja sehingga dapat membuat kampas rem menjadi jepat habis dan jika telalu sering menginjak pedal rem dapat mengakibatkan kapas rem tebakar  dan berbau tidak enak.
    3. Master kaliper atau yang lebih sering disebut rumah kampas rem masih meggunakan part dari BMW sendiri, dari segi mobil yang cukup besar tenaga performanya sehingga kurang optimal meskipun menggunakan system ABS.

    ·         Interior
    1. Segi dashbor masih menggunakan bahan semi plastik dengan di bandrol hanga yang fantastik mobil BMW i8 ini kurang elegan jika dibandingakan dengan mobil yang sejenis.
    2. Bahan kursi penumpang masih mengguakan sintesis jadi agak kasar.
    3. Kemudi di mobil hybrid ini masih menggunakan kemudi yang besar jika di jajarkan dengan mobil sedan dengan tipe sport yang lain lebih menggunakan kemudi kecil.

    ·         Exterior
    1. Roof tidak ada penutup cahaya di bagian dalam sehingga dikendarai pada siang hari sedikit panas pada bawah roof.


    2.4 Manfaat
    1. Penggunaan energi yang lebih irit karena cukup menggunakan listrik dibandingkan bahan bakar minyak (BBM). Sementara jika menggunakan BBM dengan jarak yang sama menghabiskan dana 4 kali lipat.

    2.  Hemat energi yang lebih besar dibandingkan penggunaan BBM pada saat kendaraan melaju. Penggunaan energi yang lebih irit saat terjadi kemacetan.

    3. Emisi karbon menjadi lebih rendah dan mengurangi polusi dibandingkan penggunaan BBM.

    4. Perawatan mudah karena tidak memerlukan pergantian oli dan lain dan perawatan hanya perlu perawatan baterai.

    2.4 Komponen Pembuatan
    Proses pembuatan body mobil BMW i8 dengan bahan alluminium alloy yang sudah di powder coating cat anti karat dan di kerjakan oleh teknisi yang profesional dengan bantuan mesin yang canding dengan tingkat akurasi sempurna sehingga didapatkan bentuk ynag sesuai dengan konsep mobil BMW i8 tersebut.
    Proses pembuatan mesin bertenaga listrik dengan bahan alluminum alloy sebagai rumah untuk coil atau kumparan denagan kawat tembaha berdiameter 0,8. Tipe arus AC sehingga padat mengisi batterai dengan kapasitas 220 volt 70A dibantu dengan system pengendali arus sehingga aman untuk di gunakan. Semua part yang mesin tenaga listrik di kerjakan oleh robot sehingga akurasi dan tingkat ksabilan part tersebut telah ter uji dengan baik sehingga dapat menghasilkan arus dan tengangan yang stabil.


    Proses perakitan menjadi satu dengan bantuan robot untuk mengagkat beban berat sehingga memudahkan untuk pemasangan degan cek kualiti contol untuk memastikan pemasangan part atau komponen benar dan optimal sesuai dengan prosedur penggerjaan sehingga meminimalisir human error atau kesalahan-kesalahan yang bisa menurunkan performa mobil BMW i8.
    Tahap terakir dari semua proses yaitu pengisian batterai dan kemudian di uji menggunakan dyno test apakah mobil BMW i8 sudah layak jalan dan apakah aman untuk di kendarai, dyno test menggunakan sensor getaran, putaran, uji emisi, dan ketahanan terhadap part atau komponen-komponen yang melekat pada mobil sehingga dapat dilihat dari kurva di final uji yang dilakukan pada dyno test.
    BAB III
    PENJELASAN
    3.1 Analisis



    Alasan yang dikemukakan adalah, pertama, mobil listrik menawarkan efisiensi energi tinggi dan mengijinkan diversifikasi sumber energi, dan kedua, memiliki emisi lokal nol dan membantu memperbaiki kualitas udara perkotaan.Berbeda dengan mobil mesin pembakaran dalam yang menggunakan bahan bakar cair sebagai sumber energi, mobil listrik menggunakan motor listrik untuk penggerak dengan baterai sebagai sumber energinya. Keunggulan mobil listrik adalah tidak ada emisi gas buang, efisiensi tinggi dan tidak bergantung pada bahan bakar fosil, dan operasinya tenang dan halus.
    Mobil listrik terdiri dari tiga sub-sistem utama:
    ·         Sistem penggerak motor listrik – pengendali mobil, konverter elektronika daya, motor listrik dan transmisi;
    ·         Sistem baterai – baterai, Sistem Manajemen Baterai dan unit pengisian;
    ·         Sistem pembantu – pemanas/pendingin, pompa elektronika dan pembantu elektronika lainnya.
    Prinsip kerja mobil listrik adalah sebagai berikut. Input pengendali diperoleh dari pedal akselerator dan rem. Pengendali ini menyediakan sinyal yang sesuai ke konverter daya elektronika yang mengatur aliran daya antara motor listrik dan baterai.  Motor juga memainkan peran generator, yang mengkonversi energi pengereman menjadi elektron dan mengisi baterai. Unit manajemen energi, bekerja sama dengan pengendali mobil, mengendalikan pengereman regenerasi dan rekoveri energi. Motor listrik menghasilkan torsi yang besar dari keadaan mobil berhenti. Hal ini menghasilkan kinerja yang sangat bagus. Percepatan dan daya mobil listrik jauh melampaui mobil mesin pembakaran dalam.


    BAB IV
    PENUTUP

    4.1      Kesimpulan

    Meskipun mobil listrik memiliki beberapa keuntungan potensial seperti yang telah disebutkan di atas, tapi penggunaan mobil listrik secara meluas memiliki banyak hambatan dan kekurangan. Mobil listrik memiliki beberapa kelebihan yang potensial jika dibandingkan dengan mobil bermesin pembakaran dalam biasa. Yang paling utama adalah mobil listrik tidak menghasilkan emisi kendaraan bermotor. karena tidak membutuhkan bahan bakar fosil sebagai penggerak utamanya.Sampai pada tahun 2017, harga mobil listrik masih jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan mobil bermesin pembakaran dalam biasa dan kendaraan listrik  karena harga baterai litium ion yang mahal.Meskipun begitu, saat ini harga baterai mulai turun karena mulai diproduksi dalam jumlah besar.Faktor lainnya yang menghambat tumbuhnya penggunaan mobil listrik adalah masih sedikitnya stasiun pengisian untuk mobil listrik, ditambah lagi ketakutan pengendara akan habisnya isi baterai mobil sebelum mereka sampai di tujuan. Beberapa pemerintah di beberapa negara di dunia telah menerbitkan beberapa insentif dan aturan untuk menanggulangi masalah ini, yang tujuannya untuk meningkatkan penjualan mobil listrik, untuk membiayai pengembangan teknologi mobil listrik sehingga harga baterai dan komponen mobil bisa semakin efisien. 

    4.2         Saran :

    Seharusnya mobil hybrid sudah di terapkan di indonesia dengan agar konsumsi bahan bahar fosil dan polusi udara sudah termasuk bahaya, dengan menerapkan mobil hybrid seharusnya pemerintah lebih memikirkan lagi untuk mencoba memproduksi mobil hybrid buatan anak negeri agar tidak mengandalkan produk export dari luar negri yang harganya relatih mahal.










    Daftar Pustaka













  • 1 komentar: